Selasa, 01 Maret 2011

makalah blog melalui blogger

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
B. Rumusan Masalah
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger, yang dimilikan, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harii dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.


Pengertian
Sebuah blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.
Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.
Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau mengemail Anda. Atau tidak.
Sebuah blog memberikan Anda suara Anda sendiri di web. Blog adalah sebuah tempat untuk mengumpulkan dan berbagi hal-hal yang Anda anggap menarik— baik itu komentar politik Anda, sebuah diary pribadi, atau link ke situs web yang ingin Anda ingat.
Banyak orang menggunakan blog hanya untuk mengorganisasikan pikiran mereka, sementara yang lain membuat blog yang membuat banyak pengaruh dengan ribuan pemirsa di seluruh dunia. Jurnalis dan amatir menggunakan blog untuk menerbitkan berita terkini, sementara jurnalis personal membeberkan pemikiran terdalam mereka.
Blogging adalah lebih dari sekedar meletakkan pemikiran Anda di web. Blogging adalah mengenai terhubung dengan dan mendengar dari siapapun yang membaca pekerjaan Anda dan peduli untuk memberi respons. Dengan blogger, Anda dapat mengendalikan siapa yang dapat membaca dan menulis ke blog Anda — ijinkan hanya beberapa teman saya atau seluruh dunia melihat apa yang harus Anda katakan!
Komentar Blog memungkinkan siapapun, di manapun, mengisi umpan balik di entri Anda. Anda bebas menentukan apakah komentar dibuka di setiap entri dan Anda bebas menghapus komentar yang tak disukai.
Kontrol Akses memungkinkan Anda memutuskan siapa yang bisa membaca dan menulis blog Anda. Anda bisa menggunakan group blog dengan banyak penulis sebagai alat komunikasi untuk tim kecil, keluarga, atau kelompok lain. Ada sebagai penulis tunggal, Anda bisa membuat ruang privat untuk mengumpulkan berita, link, dan ide untuk Anda pakai sendiri atau dibagikan kepada sebanyak mungkin pembaca yang Anda mau.


FASILITAS


A.Memulai
Ubah suaikan rancangan
Perancang Template Blogger menawarkan berbagai template, yang memudahkan Anda membuat blog yang tampak profesional. Selain itu, Perancang Template Designer memungkinkan Anda mengubahsuaikan template. Pilih dari ratusan gambar latar, puluhan tata letak yang fleksibel, dan susun ulang widget melalui antarmuka seret dan lepas. Tambahkan gadget seperti tampilan slide, jajak pendapat pengguna, atau bahkan iklan AdSense. Mengubah fon dan warna juga mudah. Dan jika semua kendali itu belum cukup, Anda bahkan dapat mengedit CSS dan HTML blog.
Publikasikan suara dengan mudah dan gratis
Anda hanya butuh beberapa langkah mudah untuk membuat blog di Blogger. Dalam hitungan menit, Anda sudah dapat mengepos entri, foto, video, dan masih banyak lagi ke blog Anda. Silakan mengepos entri sesuka Anda, gratis kok. Baca artikel ini di Bagaimana cara memulai atau tonton video Bagaimana cara membuat blog dengan Blogger.
Antarmuka yang mudah digunakan
Ikuti beberapa langkah dasar untuk mulai mengeposkan entri ke blog Anda. Antarmuka yang disediakan mudah digunakan untuk mengubah font, menebalkan atau memiringkan teks, menyesuaikan warna dan meratakan tepian teks, dan masih banyak lagi. Saat Anda menyusun entri baru, Blogger menyimpannya secara otomatis, tanpa menginterupsi pengetikan. Juga terdapat fitur pemeriksa ejaan yang mudah digunakan serta cara mudah untuk melabeli entri Anda. Selain itu, Blogger mencakup editor HTML yang memungkinkan Anda mengubah tampilan dan suasana entri Anda.
Situs web gratis
Ketika Anda membuat blog, blog tersebut dapat di-host di Blog*Spot secara gratis. Pilih saja URL yang tersedia dan jadi deh. Jika Anda berubah pikiran dan ingin URL yang berbeda di kemudian hari, menggantinya juga mudah. Blogger juga melayani opsi domain ubahsuaian; misalnya saja domain-nya bernama example.com, blog Anda akan di-host di sana dan fitur-fitur hebat Blogger tetap ada.
Tambah foto dan video
Anda dapat menambah foto ke posting blog Anda dengan mengklik ikon gambar di toolbar editor entri. Foto Anda kemudian disimpan di akun Album Web Picasa gratis Anda, di mana Anda dapat memesan cetakan foto tersebut dan mengatur foto ke dalam album-album yang sesuai. Menambah video ke entri cukup mudah; klik ikon film-strip di bilah alat editor entri untuk memulai. Video yang diunggah melalui Blogger di-host pada Google Video.
B.Fitur Lainnya
Dapatkan uang
Dengan Blogger, Anda bisa mendapatkan uang cukup dengan memposkan konten asli bermutu tinggi tentang topik favorit Anda. Blogger dilengkapi tab khusus Uangkan yang memungkinkan Anda memasang iklan AdSense dengan mudah di blog. Selain itu, melalui program Amazon Associates Blogger, Anda dapat menelusuri katalog produk Amazon dan menambahkan tautan ke produk yang Anda sarankan untuk menerima komisi bila pembaca membeli produk ini.
Kembangkan komunitas
Biarkan pembaca mengikuti blog Anda dengan menambah gadget Pengikutuntuk tata letak Anda. Dengan gadget ini, pembaca dapat mengklik tautan "Ikuti blog ini&" untuk menambah blog Anda ke Dasbor Blogger dan akun Pustaka Google. Mereka juga memiliki opsi untuk menambah gambar dan profil ke blog Anda untuk memberi tahu seluruh dunia bahwa mereka adalah seorang penggemar.
Masukan dari pembaca
Mudah bagi pembaca untuk meninggalkan komentardi entri manapun pada blog Anda, memberikan umpan balik yang bermanfaat dan tepat pada waktunya. Mereka dapat meninggalkan komentar di sebelah kanan bawah entri, di jendela munculan, atau di laman terpisah. Anda juga dapat menggunakan Reaksiuntuk membiarkan pembaca dengan cepat menyediakan umpan balik dengan hanya satu klik.
Pemberitahuan entri baru
Pembaca bebas menentukan apakah mereka akan berlangganan feed blog Anda, yang akan memberitahu mereka tiap kali Anda mempublikasikan entri baru. Anda juga bebas mengkustomisasi apa yang dibagi pada feed blog, dan mengatur blog Anda untuk mengemail entri baru ke alamat email tertentu ataupun mailing list secara otomatis.
Satu ID sederhana
Karena Anda dapat masuk log ke Blogger dengan Akun Google — yang juga memberikan pada Anda akses ke Gmail, iGoogle, orkut, dsb. — Anda cukup memiliki satu nama pengguna dan sandi untuk diingat. Alamat blog Anda juga dapat digunakan sebagai OpenID untuk memberi Anda identitas digital tunggal pada web. Karena blog Anda dapat menerima komentar dari pengguna OpenID selain anggota Blogger terdaftar, hal ini memudahkan pembaca blog Anda ketika mereka hendak meninggalkan masukan maupun berpartisipasi dalam percakapan.
Bahasa dunia
Blogger kini tersedia dalam 41 bahasa termasuk Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Belanda, Portugis, China, Jepang, dan Korea. Penutur Arab, Ibrani, dan Persia dapat menggunakan Blogger dengan tampilan dan pemformatan Kanan-ke-Kiri. Dan transliterasi tersedia untuk lima bahasa Indic.
C.Fitur Canggih
Fitur Laman
Dengan fitur Laman Blogger, Anda dapat membuat laman baru yang terkait dari blog. Sebagai contoh, Anda dapat membuat laman “Tentang Blog Ini” atau “Hubungi Saya”, seperti halnya menulis blog baru, dan memberikan tautan ke laman itu sebagai tab di bagian atas blog atau di bilah samping.
Pengeposan saat di jalan
Blogger menyediakan berbagai cara untuk mengepos ke blog. Anda dapat mengepos dari ponselatau melalui alamat email rahasia lewat fitur Mail-to-Blogger . Atau gunakan Gadget Entri Bloggeruntuk mengedit.dan menerbitkan kiriman secara langsung dari laman beranda iGoogle kustom Anda. Dengan opsi ini, mudah untuk mengirimkan ke blog kapan pun Anda inginkan, dan dari mana pun Anda berada.
Blogging bersama
Dengan Blogger, mudah untuk membuat blog bersama, yang memungkinkan beberapa blogger untuk berkontribusi di satu blog. Anda memilih anggota tim mana yang memiliki wewenang administratif dan mana yang tugasnya hanya menulis. Anda juga dapat membuat blog pribadi dan membatasi siapa yang dapat melihatnya. Anda mengontrol blog tersebut sepenuhnya.
Aplikasi pihak ketiga
Anda dapat memilih di antara serangkaian aplikasi pihak ketiga yang dapat berintegrasi dengan Blogger yang memudahkan Anda untuk membuat blog. Jangan lupa kunjungi code.blogger.com jika Anda adalah seorang pengembang yang juga berkeinginan membuat aplikasi keren.

CARA MEMBUAT BLOG


1. Langkah 1: Daftar Google

Silahkan kunjungi http://www.blogger.com.

Jika Anda sudah memiliki login di Google, Anda tinggal login, maka Anda akan masuk ke Control Panel atau Panel Kontrol.

Anda bisa memilih bahasa, apakah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.




2. Langkah 2: Daftar Blog

Jika Anda sudah memiliki accout google, Anda bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google, Anda harus login dengan menggunakan alamat email.

Silahkan lengkapi.:

1. Alamat email yang Anda masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju.

3. Langkah 3: Membuat Blog
Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda.

4. Langkah ke 4 Blog Template
Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar